Diberdayakan oleh Blogger.

Pentingnya Menyesuaikan Detak Jantung Anda

Sesuaikan Detak Jantung Anda untuk Hasil Latihan Maksimal !!!
Kapan terakhir kali Anda mendengarkan denyut jantung Anda sendiri? Tak terhitung pastinya, apalagi saat Anda hanya berdua dengan si dia—baik saat menyatakan isi hati maupun di tengah sesi nge-date. Namun, Anda wajib mendengarkan jantung Anda berbicara selama—dan setelah-berolahraga kardio, apalagi bila tujuan Anda adalah
menyingkirkan lemak-lemak sisa lebaran di perut.
Letaknya di jantung
Dari membakar lemak hingga melatih kebugaran, olahraga kardio adalah jawabannya. Berlari di atas treadmill adalah olahraga kardio yang paling sederhana, apalagi bila Anda adalah member di gym. Namun, percaya atau tidak, berlari pun ada seninya. Ada cara berlari yang optimal untuk membakar lemak, ada pula yang bertujuan melatih Anda agat tak cepat ngos-ngosan. Dan, faktor pembedanya adalah denyut jantung Anda.

Gambar di atas adalah representasi hubungan denyut jantung dengan intensitas olahraga. Untuk Anda yang ingin membakar lemak, pastikan bahwa olahraga kardio Anda berada pada weight management zone, yakni sekitar 60-70% MHR. Pada zona ini, energi yang dibakar berasal dari lemak, terutama setelah 15 menit dari awal Anda mulai berlari. Bila Anda tidak punya heart rate monitor, cara mudahnya adalah mencoba bernyanyi. Anda berolahraga pada intensitas yang tepat bila Anda dapat berbicara dengan lancar tapi tidak bisa bernyanyi.
Ingin tampil lebih prima saat lomba maraton antardivisi di kantor? Latih stamina Anda dengan berlari diaerobic zone yaitu sekitar 70-80% MHR. Pada zona ini, tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak secara berimbang, sekaligus menaikkan kapasitas aerobik (atau stamina) Anda. Bila Anda masih bisa berbicara namun terputus-putus, berarti Anda berolahraga di zona yang tepat.
Usahakan untuk tidak berolahraga di atas 80% MHR. Lagipula, olahraga di atas intensitas tersebut tidak membakar lemak Anda. Usahakan juga untuk selalu memberi waktu istirahat untuk otot Anda. 48 jam adalah waktu yang disarankan sampai sesi olahraga berikutnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pentingnya Menyesuaikan Detak Jantung Anda. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://terbarumasakini.blogspot.com/2013/12/pentingnya-menyesuaikan-detak-jantung.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sabtu, 14 Desember 2013

Belum ada komentar untuk "Pentingnya Menyesuaikan Detak Jantung Anda"

Posting Komentar